Dalam menjalankan sebuah
usaha bisnis, tentunya ada beberapa poin terpenting yang harus diterapkan
selain dari kualitas dan pelayanan produk itu sendiri, yaitu ‘Pemasaran’.
Teknik dan kemampuan dalam suatu pemasaran boleh dikatakan sebagai kunci
keberhasilan dari penjualan suatu produk setelah anda memastikan produk anda
memiliki kualitas yang baik, ciptakanlah teknik pemasaran yang baik dengan
didukung oleh strategi pemasaran yang efektif.
Selain itu, segmentasi
pasar juga merupakan salah satu elemen paling penting dalam suatu strategi
pemasaran yang akan anda lakukan (bahkan terlalu penting) .Berukut beberapa hal yang harus
deperhatikan dalam melakukan strategi pemasaran :
1 Kenali Konsumen
‘Pelanggan adalah Raja’ Istilah tersebut
memang benar, sang Raja sangat senang apabila dilayani dengan baik. Dia bahagia
jika para pelayannya tahu apa yang dia inginkan. Terlebih lagi, jika sang Raja
belum mengutarakan keinginannya, para pelayan sudah menyediakannya.
Pertanyaannya adalah, bagaimana kita bisa memberikan pelayanan baik? Kenalilah
Pelanggan Anda. Lihatlah para pelayan Raja yang sangat cermat dalam
memperhatikan tingkah laku sang Raja. Mereka tahu ciri-ciri Raja jika
mengantuk, gelagat Raja jika dia lapar, dan sebagainya, sehingga dia bisa
melayani berdasarkan data hasil pengamatannya dan menghasilkan pelayanan yang
lebih akrab. Begitulah seharusnya seorang pengusaha, mereka harus mampu membaca
profil para pelanggan mereka. Kemudian memberikan pelayanan yang sesuai dengan
profil mereka masing-masing. Percayalah, pelanggan Anda akan jauh lebih loyal
pada Anda.
2. Pilihlah Lokasi yang Strategis
Faktor penting dalam strategi pemasaran
lainnya adalah masalah pemilihan tempat. Anda perhatikan outlet atau toko roti
Holland Bakery selalu berada di jalan yang sibuk di mana traffic lalu lalang
orang sangat tinggi. Itu merupakan strategi mereka dalam membidik pelanggan
potensial. Maka, usahakan untuk memilih lokasi yang tepat, strategis, agar kesempatan
bisnis Anda untuk dapat diakses oleh pelanggan lebih terbuka.
3. Pelajari Banyaknya Kompetitor
Tidak ada hal lain yang lebih sulit dan
juga lebih mudah selain kamu mencoba untuk mendalami dan mengetahui lebih
dalam mengenai kompetitor yang menjadi sainganmu dalam berbisnis. Mengetahui
disini artinya mengetahui apa kelebihan dan kelemahan kompetitor tersebut. Jika
kamu mengetahui apa yang menjadi kelebihan dari kompetitor tersebut maka
kamu bisa mencontohnya, dan sebaliknya jika kamu mengetahui kelemahan
kompetitor tersebut maka jauhilah.
4. Menggunakan Internet Marketing
Salah satu strategi pemasaran yang sedang
gencar dilakukan ialah internet marketing. Dengan menampilkan produk usaha anda
pada situs jejaring sosial, maka anda dapat mengetahui bagaimana selera
konsumen dan apa yang mereka butuhkan. Semakin hari aktivitas jual beli melalui
online shop semakin marak dilakukan. Para konsumen cenderung ingin berbelanja
dalam ruang yang lebih privat dan terhindar dari keramaian. Internet membuka
pintu yang lebar bagi anda untuk berinovasi. Anda dapat menampilkan produk
usaha anda pada website, blog, facebook, dan situs lainnya, dengan memasang
foto-foto yang sekiranya dapat menarik konsumen.
5. Promosi
Dalam rangka pengenalan produk bisa juga
dilakukan secara aktif dan kontinyu sebuah perusahaan turut berpartisipasi
dalam Event-Event Pameran dan Eksebisi diseluruh Wilayah Indonesia dengan
tujuan kegiatan ini terbukti dapat meningkatkan kepercayaan dan keyakinan
masyarakat terhadap eksistensi perusahhan itu sendiri. Lakukanlah promosi
secara rutin walaupun sekecil – kecil promosi karena dengan promosilah jualan
akan terjadi dengan cara-cara kreatif sehingga para pelanggan tidak merasa
bosan. Misalnya, setiap kali bepergian, bawalah brosur, pamflet, atau leaflet
berisi produk bisnis Anda untuk dibagikan kepada rekan-rekan, atau Anda dapat
menyebarkan brosur tersebut di tempat umum. Dengan berbagai usaha tersebut,
dengan sendirinya Anda akan menemukan pelanggan yang membutuhkan produk yang
Anda tawarkan. Jangan lupakan pula kehebatan word-of-mouth publicity, kekuatan
promosi dari mulut ke mulut ini memang ajaib karena dapat menyebar dan
menjaring pelanggan hingga berlipat-lipat.
6. Menjalin Hubungan Dengan Konsumen
Di era teknologi sekarang ini,
dimana pelanggan tidak lagi hanya berhubungan dengan perusahaan tetapi juga
dengan sesama pelanggan lainnya. Seorang Pelanggan yang kecewa bisa dengan
mudah mengungkapkan rasa kecewanya melalui tulisan di blog ataupun melalui
social media yang tentu saja akan cepat tersebar dan dilihat oleh pelanggan dan
calon pelanggan lainnya, hal ini tentunya sangat merugikan perusahaan. Image
baik yang sudah melekat selama bertahun-tahun di sebuah perusahaan mungkin saja
bisa tiba-tiba menjadi sangat buruk karena dirusak oleh hal-hal yang mungkin
dianggap sepele perusahaan. Oleh karena itu, biasanya beberapa perusahaan besar
menjadikan hal ini sebagai prioritas utama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar